Kamis, 13 Februari 2014

The Lessons of Life (Part 2)

Heiiiiiiii blogger! Udah lama rasanya ga ngeposting._.’ Kali ini mau nepatin janji di postingan sebelum-sebelumnya nih. Gue pengen nyeritain sepotong pengalaman gue disini yang gue anggep menarik untuk dibuat. Nah, sebelumnya gue pengen ada basa-basi-basu gitu laaah.
                Jujur gue tipe orang yang gak kuat sama yang namanya rokok. Apalagi asepnya. Sebatas informasi umum aja nih ya, lo juga udah pada tau kan sama bahaya dari rokok itu? Well, itu juga udah disebutin di setiap bungkus rokok kok, nah yang gue heran… Kalo udah tau, kenapa masih di konsumsi itu barang yang namanya rokok?
                Ya itu sih sebenernya hak masing-masing orang ya, disini kan gue cuma pengen nyeritain dari sudut pandang gue. Cuma yang gue liat lebih banyak efek negatifnya daripada positifnya. Gak percaya? Coba aja liatin orang-orang yang ngerokok sama yang nggak. Dari fisik aja toh udah keliatan perbedaannya, belom lagi sama mental psikisnya, keuangan segala macem. Yang gue tau nih, rokok bisa bikin gigi kekuningan, muka lebih lesu, mata loyo gitu (bahkan bisa merah), napas lebih pendek dari biasanya, bau badannya pun terselimut parfum dari asep rokok, dan masih banyak lagi. Kalo dari sifatnya, —berdasar analisa gue—orang yang ngerokok itu cenderung lebih emosional, like he is always right and everyone is always wrong, apa yang dia mau tuh kayak harus gitu. Sifatnya lebih keras dari orang lain, atau istilah gampangnya, batu. Dari segi materi juga itu boros banget. Mereka rela membakar uang mereka untuk dihirup. Gue yakin deh, yang ngerokok itu pastiorang-orang kaya, duit aja dibakar-bakar. Hal ini bukan gue doang loh ya yang beranggapan seperti ini, beberapa stasiun televisi juga udah pernah ngebahas hal yang sama, gue hanya mengutipnya. Tapi lucunya, ada beberapa orang yang (katanya) gak mampu, buat beli keperluan sehari-hari aja susah atau buat kepentingan lain aja gak bisa, tapi buat beli sebungkus rokok pun mereka sanggup.  Apalagi yang kalo sehari bisa lebih dari sebungkus ngabisin, wah ga kepikiran deh gue berapa banyak uang yang udah ‘dibakar’ kalo dikaliin perhari, perminggu, perbulan, pertahun… dikumpulin uangnya cukup buat beli cendol sekampung buat hajatan. Lebih parahnya kalo yang kayak gini masih anak sekolahan, duit belom bisa nyari sendiri, masih minta orang tua, eh malah dibuang-buang begitu aja cuma buat beli rokok.
                Dari info-info yang udah beredar juga udah dijelasin kan bahaya rokok tuh apa aja?  Nah, satu hal yang paling gue keselin adalah bahaya rokok itu gak cuma dirasain sama si perokoknya, tapi juga sama orang-orang yang disekelilingnya yang gak sengaja ngehirup asep itu malah lebih bahaya akibatnya. Malah orang-orang yang gak bersalah ini punya sebutan perokok pasif, lebih bahaya pula dampaknya. If you want to sick, don’t invite anyone, please. Okelah, lo mah ngerokok-ngerokok aja, sakit mah sakit sendiri aja, tapi plis jangan ajak-ajak orang lain yang gak pengen sakit malah jadi ikutan sakit. Kalo lo gak percaya, lo bisa cari di Google apa aja dampak si perokok pasif ini. Itulah yang gue tau. (http://id.wikipedia.org/wiki/Perokok_pasif)
                Nah, parah kan? Iya emang, parah banget. Oleh karena itulah alesan gue kenapa gak suka banget sama yang namanya rokok maupun si perokoknya. Tapi gue punya beberapa sepotong cerita yang gue alamin nih. Berdasarkan perdebatan yang gue lakukan bersama bokap gue, tentang merokok ini, kaya gini nih:
                “Hih bingung deh kenapa coba orang masih aja ngerokok padahal udah tau bahayanya, ngebuang-buang duit lagi.”
                “Lah kan beda, dek, orang yang ngerokok punya kenikmatan sendiri”
                “Emang gak bisa diganti kebiasaan lainapa gitu yang bermanfaat.”
                “Kalo udah ngerokok mah susah, dek. Biasanya orang yang ngerokok tuh sambil nyari inspirasi, santai, segala macem.”
                “Tapi kan lebih banyak negatifnya daripada positifnya.”
                “Itu kalo kata kamu, beda lagi sama kata orang yang ngerokok.”
                …
                Well, gitu sih sepenggal perdebatan gue sama bokap gue. Emang bener, apa yang gue katakan belom tentu sama kayak yang dikatakan para perokok. Tapi ada sisi positif yang gue analisa dari seorang perokok, mungkin mereka lebih gampang bergaul sama orang-orang, mereka lebih banyak ngomong. Itu kayaknya yang gue tangkep. Tapi ya teteup kaya yang gue katakan di awal, dia ngomong like he is always right and everyone is always wrong, actually. Tapi gak semuanya perokok kaya gitu sih gue rasa, mungkin ada yang beda juga.
                Dari kecil juga gue udah gak suka sama yang namanya rokok. Masih bercerita bersama bokap gue juga, dulu bokap gue ini perokok. Cuma ada satu kejadian yang bikin bokap gue gak ngerokok lagi, dan itu karena gue. Jadi gini ceritanya, dulu pas malem-malem bokap gue ngerokok di depan rumah, lagi santai tuh. Padahal sebelumnya gue udah bilang sama bokap gue kalo gue gak suka sama rokok, gue udah nyuruh dia buat berenti, eh tapi dianya masih kekeuh aja. Yaudah, disaat bokap gue lagi menikmati rokoknya, gue tepok aja tuh bibirnya yang lagi ngisep puntung rokok itu. Alhasil, rokok yang tadinya diisep sama dia, kena bibirnya dan akhirnya jatoh ke tanah. Abis itu gue langsung kabur ke nyokap gue. Untung nyokap gue belain gue :v
                Oh iya, ada satu cerita lagi yang gue alamin. Salah satu cerita lucu sih menurut gue. Kejadiannya belom lama dan sebenernya bukan gue yang ngalamin, tapi gue ikutan nimbrung. Ceritanya gini, ada temen gue yang gak ngerokok, terus diceng-cengin sama si perokok ini. Gue kurang tau cerita awalnya kenapa mereka bisa sampe ke pembicaraan itu, tapi yang pasti kuping gue gatel denger si perokok ini kayak ngejelek-jelekin temen gue yang gak ngerokok ini.
                …
“Anjing ngerokok apa nggak?,” kata si perokok sambil cengengesan.
“Nggak…,” jawab temen gue dengan tampang bego.
“Ya berarti lo anjing, hahahaha,” katanya. Gue kesel, emangnya yang gak ngerokok temen gue yang itu doang? Gue juga gak ngerokok, dan banyak temen-temen gue yang gak ngerokok juga. Gue tersinggung lah, gue balikin aja kata-katanya.
“Banci ngerokok gak, bro?,” kata gue dengan tampang datar.
“Ahanjir…,” dia langsung ngerasa tersinggung gitu dan mulai ngelangkah pengen pergi. Sebelum dia pergi, gue langsung lanjutin kata-kata gue.
“Banci ngerokok kan? Berarti lo banci.”

Hmmm, ya mungkin postingan blog gue cukup sampe sini aja. Ya ini lah, hasil analisa gue, coretan tangan yang bener-bener udah gatel buat dikeluarin jadi sebuah artikel. Don’t be mad at me, because this is my point of view about cigarettes, smoking, smoker, and anything else. Maybe this is so far different from your point of view, but remember everyone have their own point of view. Semoga postingan gue kali ini bermanfaat buat lo-lo pada yang baca. See ya!^^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar